PROFIL USAHA
TTEOKBOKKI
A. LATAR BELAKANG
Tteokbokki adalah hidangan korea berupa tepung beras yang dimasak dengan bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tekstur dari tteokbokki cukup kenyal dan lembut sehingga mudah untuk dinikmati seluruh kalangan masyarakat
B. TUJUAN
- Untuk menerapkan jiwa berwirausaha
- Menyalurkan dan mengembangkan skil dan pengetahuan di bidang kuliner
- Memberikan inovasi baru di bidang konsumen
C. VISI DAN MISI
Visi
- Memberikan inovasi baru pada produk tteokbokki yang telah ada serta memuaskan keinginan konsumen
- Membangun semangat berwirausaha generasi muda Indonesia
Misi
- Mengedepankan pelayanan, kualitas, dan kebersihan produk
- Menambah pengetahuan atau wawasan mengenai cara berwirausaha khususnya pada usaha jajanan korea
- Menambahkan cita rasa baru pada tteokbokki agar dapat bersaing dengan jajanan lainnya
D. PENERAPAN ANALISI SWOT
1. Strengths ( Kekuatan )
Kekuatan dari produk ini terletak pada bahan baku yang tidak menggunakan bahan pengawet sehingga produk terjamin kesehatannya namun tidak meninggalkan kualitas dari cita rasa produk tteokbokki ini
2. Weakness ( Kelemahan )
Produk ini merupakan produk yang baru dibangun sehingga belum terlalu dikenal oleh masyarakat yang cenderung rendah terhadap makanan khas korea
3. Opportunities ( Peluang )
Lokasi usaha yang strategis akan menjadi salah satu peluang untuk mengundang banyak pengunjung untuk datang dan membeli produk ini. Selain itu, faktor lokasi yang dekat dengan pusat aktivitas masyarakat seperti sekolah, kampus, atau perkantoran
4. Treats ( Ancaman )
Hambatan untuk usaha jenis makanan korea adalah adanya kemungkinan munculnya pesaing baru dalam industri ini, karena industri ini berada dalam tahap growth yang berarti pertumbuhan untuk memasuki industri ini masih terbuka
Komentar
Posting Komentar